eCommerce

Electronic Commerce (eCommerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.

Di Indoneisa eCommerce yang sudah terkenal diantaranya adalah Lazada, Tokopedia, Zalora, Bukalapak, Elevenia, Bhinneka dan lain-lain.

Disini saya akan membahas tentang eCommerce yang cukup terkenal, yaitu Tokopedia.

Tokopedia merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.

Dengan visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.

Berikut ini adalah kelebihan eCommerce Tokopedia antara lain :

1. Penampilan website adalah yang paling utama, dengan dominasi warna hijau yang terkesan segar dan simpel.

2. Gratis, Gratis, Gratisss…!!

3. Loading website cukup ringan, terutama di bagian halaman toko dan produk yang sangat minimalis tapi informatif.

4. Bagian penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih bervariasi dan fitur harga grosir.

5. Fitur Preorder, untuk produk yang butuh pemrosesan lebih lama, misalnya barang impor.

6. Pilihan pengiriman beserta biaya tambahan yang dikenakan.

7. Transfer saldo ke rekening sangat cepat, rata-rata 2 – 3 jam, maksimal 4 jam ke empat bank besar.

8. Waktu proses pesanan bisa mencapai 5 – 7 hari semenjak invoice masuk, jadi bisa lebih leluasa.

9. Walaupun banyak bug, tapi keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi.

10. Bisa cek blognya Tokopedia untuk mendapatkan cerita inspirasi, tips-tips dan lain-lain yang informatif untuk meningkatkan penjualan dan optimalisasi toko penjual.

Tokopedia termasuk dalam eCommerce tipe Business to Consumer (B2C) karena transaksi dalam Tokopedia dilakukan antara e-merchant (penjual) dan e-customer (pembeli).

Referensi :

Sumber 1, Sumber 2, Sumber 3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s