Sejarah Internet

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk jaringan komputer melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang kemudian menjadi cikal bakal sejarah internet. Mereka mendemontrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tak terhingga melalui saluran telepon.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) ada hasil penemuan dari proyek ARPANET itu sendiri yang menjadi cikal bakal pembangunan protokol. Awal dibangunnya proyek  ARPANET adalah untuk keperluan militer Amerika untuk mengatasi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan melalui komputer-komputer yang dihubungan didaerah-daerah vital. Mulanya ARPANET hanya mempunyai 4 situs diantaranya Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah. Keempat situs tersebut membuat jaringan terpadu pada tahun 1969. Pada bulan oktober tahun 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang dengan pesat di seluruh daerah dan seluruh universitas di negara tersebut ingin bergabung yang kemudian ARPANET sulit untuk mengaturnya.

Karena alasan itulah ARPANET kemudian dipecah menjadi dua, yaitu MILNET yang digunakan untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil yang digunakan untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Kemudian gabungan antara kedua jaringan disederhanakan dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Referensi :

• Nur Elfi Husda, Pengantar Teknologi Informasi, Edisi Revisi, Baduose Media, 2016

Leave a comment